Tips Sukses Membuat Resep Nasi Goreng Terenak di Indonesia

 Menu nasi goreng adalah salah satu menu paling populer. Bukan hanya di Indonesia, tetapi menu sederhana ini bisa ditemui di hampir seluruh belahan dunia. Banyak resep nasi goreng terenak di Indonesia dan dunia yang memiliki kekhasan masing-masing.

Bahkan di Indonesia, nasi goreng yang dijual oleh abang-abang dengan gerobak dorong pun bisa seenak nasi goreng di restoran. Semua itu tentu ada rahasianya. Dengan mengetahui rahasia ini, siapapun bisa membuat nasi goreng yang lezat.

Tips Sukses Membuat Resep Nasi Goreng Terenak di Indonesia

Resep nasi goreng
Sumber foto : instagram.com/avidyaska

Orang bilang, tidak semua orang bisa memasak. Tetapi semua orang bisa berusaha untuk memasak. Dengan mengetahui tips menyediakan nasi goreng yang enak, para pemula pun bisa tetap memasak dengan mudah dan hasilnya nikmat.

  • Gunakan Nasi yang Pas

Bahan dasar membuat nasi goreng tentu adalah nasi. Tapi tidak semua nasi cocok digunakan sebagai nasi goreng. Nasi yang terlalu lembek, memang bisa dibuat nasi goreng, tapi teksturnya pasti kurang pas.

Nasi yang cocok untuk dibuat nasi goreng adalah nasi yang pera. Jadi bulir nasi ini bisa dipisah namun tekstur di dalamnya masih cukup pulen. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan nasi sisa semalam untuk membuat nasi goreng.

Hal ini dikarenakan tekstur nasi yang sudah cukup kering sehingga bumbu bisa meresap ke tiap bulir nasi dengan baik. Ada juga yang menyimpan nasi yang sudah matang ke dalam lemari es untuk bisa mendapatkan tekstur nasi yang diinginkan.

Coba juga : Resep Nasi Goreng Gila Pedas

  • Baceman Bawang

Jika melihat penjual nasi goreng, baik itu dengan gerobak maupun di restoran, Anda pasti pernah melihat bumbu putih yang dituangkan ke dalam wajan. Bumbu ini adalah baceman bawang atau rendaman bawang putih yang sudah dihaluskan.

Bukan hanya untuk mempersingkat waktu, pembuatan baceman bawang juga berguna untuk membuat nasi goreng lebih sedap. Hal ini dikarenakan ekstrak bawang yang bercampur dengan minyak wijen dan terfermentasi dapat menghasilkan aroma yang menggiurkan.

  • Wajan dan Api

Aroma nasi goreng bukan hanya berasal dari tumisan bumbu-bumbu saja, tetapi juga dari aroma asap yang dihasilkan ketika nasi tersebut digoreng. Untuk bisa mendapatkan aroma ini, maka dibutuhkan wajan khusus yang sering disebut dengan wok.

Wajan ini berukuran besar dan terbuat dari baja. Wajan ini dapat menyimpan panas dan menyebarkannya secara merata. Namun, jika tidak mempunyai wajan seperti ini pun tidak masalah. Anda dapat menggunakan wajan cekung yang ada di rumah.

Selain wajan, perapian juga menjadi kunci nasi goreng yang enak. Maka dari itulah di setiap warung makan pasti menggunakan api yang besar saat memasak. Hal ini tidak lain untuk mendapatkan citarasa hawa panas yang dihasilkan dari pertemuan wajan, api dan bumbu-bumbu.

  • Bumbu yang Pas

Berbeda menu nasi goreng pasti membutuhkan bumbu yang berbeda. Namun untuk bisa memperoleh citarasa nasi goreng yang enak, maka gunakan bumbu yang pas. Jangan pelit menggunakan bumbu, terutama bumbu aromatik seperti bawang putih.

Selain itu, tidak perlu menggunakan terlalu banyak isian. Terlalu banyak bahan tambahan malah akan mengurangi rasa nasi goreng yang sebenarnya. Asalkan nasi goreng dibuat dengan benar, maka isian atau taburan apapun bisa terasa nikmat.

Resep nasi goreng terenak di Indonesia terletak pada kekayaan rempah dan bumbunya. Setiap orang bisa membuat nasi goreng. Menu ini selalu menjadi andalan ketika malas memasak karena caranya yang sangat sederhana dan cepat dalam penyajiannya.

LihatTutupKomentar