Bumbu Wajib Untuk Resep Nasi Goreng Simple Ala Kampung

 Siapa bilang kalau nasi goreng kampung itu sudah ketinggalan zaman? Di kala banyak rumah makan mengembangkan banyak varian nasi goreng, menu nasi sederhana ala kampung tetap memiliki pelanggan setia. Bahkan resep nasi goreng simple ala kampung masih banyak dicari.

Resep yang satu ini sangat cocok untuk pemula. Hal ini disebabkan tidak terlalu banyak bumbu yang dibutuhkan. Selain itu, cara memasaknya juga sangat mudah. Bumbu yang digunakan juga dapat ditemukan di dapur sehari-hari.

Bumbu Wajib Untuk Resep Nasi Goreng Simple Ala Kampung

Resep nasi goreng simple
Sumber foto : instagram.com/jannahmyzan

Setiap daerah pasti memiliki resep nasi goreng masing-masing dengan bumbu khas-nya. Tetapi untuk nasi goreng kampung, nampaknya hampir semua orang sepakat bahwa bumbu-bumbu di bawah ini harus selalu ada.

  • Bawang Putih dan Bawang Merah

Bukan nasi goreng namanya kalau tidak menggunakan duo bawang ini. Selain untuk rasa, bawang merah dan bawang putih sangat dibutuhkan untuk menciptakan aroma yang khas. Untuk komposisinya, bawang putih biasanya lebih dominan daripada bawang merah.

Terkadang, bawang merah memang menjadi bahan yang bisa digantikan. Jadi ada yang menggunakan resep tanpa bawang merah dan hanya menggunakan bawang putih. Biasanya bawang putih ini dibentuk menjadi baceman bawang agar lebih sedap.

Tetapi untuk nasi goreng kampung akan lebih sedap jika menggunakan dua bawang yang serupa tapi tak sama ini. Bawang merah digunakan untuk mendorong rasa dari bawang putih dan menciptakan aroma yang khas.

Coba juga : Resep Nasi goreng Sederhana Tanpa Telur

  • Cabai Merah

Untuk nasi goreng kampung, penggunaan cabai rawit saja tidaklah cukup. Keistimewaan nasi goreng kampung bukan hanya dari rasa, tetapi juga dari penampilan. Maka untuk membuat warna yang lebih cantik, bumbu halus yang ditumis harus menyertakan cabai merah besar.

Tentunya penggunaan cabai ini sesuai dengan selera. Jika ingin pedas, maka jumlah cabai rawit bisa diperbanyak daripada cabai merah besar, begitu pula sebaliknya. Semakin banyak cabai merah yang digunakan, maka warna akan semakin cantik.

  • Kecap Manis

Belakangan ini muncul perdebatan yang mengatakan bahwa nasi goreng yang enak adalah tanpa kecap manis. Pendapat ini tentu tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Selera adalah subyektif.

Namun, untuk resep nasi goreng kampung, penggunaan kecap manis adalah keharusan. Inilah yang membedakan nasi goreng kampung dengan nasi goreng lainnya.Penggunaan kecap manis sebenarnya juga lebih kepada pembentukan warna.

Dengan menambahkan kecap manis, maka nasi tidak akan terlihat pucat dan menjadi lebih mengkilap. Efek kecap yang terkaramelisasi juga menambah sensasi rasa nasi goreng kampung.

  • Terasi

Satu lagi bumbu yang tidak boleh absen ketika akan membuat nasi goreng kampung. Bahan ini adalah terasi. Bahan ini memang kerap tidak digunakan karena rasanya yang cukup tajam. Tapi jika menilik pada resep otentik nasi goreng kampung, bumbu dari fermentasi udang ini adalah bumbu wajib.

Rasa khas udang akan membuat aroma nasi lebih menggelitik hidung. Selain itu, rasa nasi goreng juga akan semakin gurih. Jika tidak suka aromanya yang kuat, penggunaan terasi bisa dikurangi, tapi sebaiknya tidak dihilangkan.

Membuat resep nasi goreng simple ala kampung terbilang cepat. Hal ini karena tidak terlalu banyak bahan yang harus dipersiapkan. Selain penggunaan bumbu wajib, bahan pelengkap seperti kerupuk kanji, acar mentimun dan cabe rawit hijau juga merupakan ciri nasi goreng kampung. Nasi goreng ini akan lebih lengkap jika dimasak menggunakan api dari arang.

LihatTutupKomentar